Jenis-Jenis Phobia pada Manusia

Enggak sengaja saya masuk ke sebuah forum, yang enggak terlalu eksis, Ada satu thread tentang kesehatan disana dimana ada mereka sedang membicarakan tentang fobia/Phobia. Ada satu member yang katanya paling takut dengan BALON.. Wahaha.. ada lagi yang Phobia sama cewek cantik. waduh :mrgreen:

Emang sih, phobia enggak sekedar takut dengan ketinggian (hyperphobia), takut dengan gelap, atau bahkan takut dengan binatang seperti tikus, atau kecoak. Namun saya sendiri enggak terlalu tahu banyak tentang Jenis – jenis Phobia yang lain.

Dan setelah saya melakukan pencarian, Memang benar. Penyakit psikologis ini ada Buanyaaak Jenis dan macam ragamnya.dan pasti bagi seseorang yang membaca akan senyum-senyum sendiri. Misal ada penderita phobia bunga, dalam hati kita pasti tercetus ” masa sih ada orang yang takut dengan bunga”, atau contoh real saja, jika kamu pecinta film harry potter pasti dong tahu sahabatnya yang cowok? Yup. Si Ron, Nah, kebayang kan actingnya kalau ngeliat dia ketemu dengan laba-laba? Lucu pastinya. Sama laba-laba kok nangis. Nah. Itu namanya arachnophobia.

Artis juga paling banyak yang diketahui punya phobia. ada yang phobia hujan, ada yang phobia buaya (kalau gasalah sih Olga, yang sampai nangis di acara live karena di kerjain sama komeng).Pokoknya seabrek deh.

Kebetulan saya dapat list phobia dari wiki. Coba lihat deh -daftar panjang phobia dibawah ini, .

Ablutophobia – Takut mandi, mencuci, atau membersihkan.
Altophobia – Takut akan ketinggian.
Agraphobia  – Takut Dengan pelecehan seksual.
Aichmophobia –takut dengan segala benda tajam (seperti silet, jarum pentul, pisau, gunting, golok)
Algophobia -Takut sakit.
Agyrophobia – Takut dengan segala persimpangan jalan.
Androphobia – takut sama orang lain.
Aquaphobia – takut air.(Apa artinya penderita ini gak pernah mandi? seperti Ablutophobia? )
Aviophobia – Aviatophobia – takut menggunakan pesawat terbang/kendaraan angkasa lain.
bibliophobia – takut pada buku (Ada yg tahu kenapa gak?)
Coulrophobia – Takut badut (wah, Saya waktu kecil juga takut buanget sama ini) :P
Dendrophobia – takut dengan pohon <– siapa sih yang enggak, apalagi kalau ada “penghuninya” Wkwkw.
Emetophobia – Takut muntah.
Erotophobia – Takut dengan masalah sex atau berkaitan denganhal tersebut (No comment ah :D)
Felinophobia – takut akan kucing (Ada artis juga nih kena phobia macam ini, ayo siapa)
Gelotophobia – Takut ditertawakan (Pasti Mereka bukan pelawak)
Gerascophobia – takut menjadi tua (Seperti nya ini cewek nih)
Glossophobia – takut berbicara di depan umum <– Demam Panggung nih ceritanya
Gynophobia – Takut dengan perempuan. <– Kalau Hantu perempuan sih saya takut!
Heliophobia – takut sinar matahari<–1. MungkinPenderita ini takut kulitnya hitam, atau 2. Dia itu Keluarga Vampir :P
Hemophobia , – Takut melihat darah yang muncrat dari tubuh manusia atau hewan. /Ueekkhh
lygopobia – ketakutan akan kegelapan. Alone in the dark nih!
iatrophobia – takut sama dokter (hehe.. takut diapain ayoo)
lachanophobia – ketakutan dengan sayur-sayuran<—Loh sayur kan bagus loh untuk tubuh!
Necrophobia – takut mati! (Banyakin beramal gan!)
panophobia – takut akan segala-galanya (waduuhh! gimana nih)
Phasmophobia – takut dengan Setan, hantu atau sesuatu yang nakutin tp tidak tampak.
Pyrophobia – takut api.
Scopophobia – takut memandang atau menatap.
Somniphobia – – takut tidur.(Beda sama amnesia yang penyakit)
Triskaidekaphobia Takut dengan nomor 13 (yang katanya/dipercaya sebagai angka sial).
Venustraphobia – takut dengan perempuan yang cantik jelita (phobia yang aneh!)

Udah dulu deh Capek juga, masih banyak phobia-phobia lain yang enggak dapat di sebutin satu persatu.
Ternyata saya sendiri juga setidaknya pernah merasakan phobia, dan ada satu phobia yang persis dengan ciri-ciri yang selama ini saya enggak tahu artinya :ide:
Kalau Kamu gimana?

PS)Ada satu lagi Jenis Phobia yang bikin saya nyegir-terus. yaitu Phobophobia , Artinya pengidap phobia jenis ini Sangat takut kalau dia memiliki fobia.
Wahahaa.. Aneh tapi nyata.

14 comments to Jenis-Jenis Phobia pada Manusia

  • awal dari insomia..
    Ak Jadi gini Somniphobia – – takut tidur…
    Tolong kasi solusi kawan…
    Saia serius… ke .email. Ku

    Thanks to info.

  • bagusRZ

    gk kebayang klo da orang yg takut ama Cwe Cantik (Venustraphobia), bkal kyak gmana idup tuch orang, tapi buat Phasmophobia (takut akan setan dan sebangsanya) bkannya semua orang takut ya, mungkin ni phobia yg semua orang miliki :lol: :lol: :lol:

    Bakal calon MAHO lah :pizz

  • putri rifda khr

    saya fobia sama kucing saya bisa nangis kalo lihat matanya kucing,,
    gimana caranya caya gak tkut lagi sama kucing,, :?: :?:

    @Putri
    Kalau kita mandang seekor kucing, dan Kucing itu pun balik mandang kita. (seperti kisah -kisah sinetron yang sedang adegan romantis) JANGAN BERKEDIP.. apapun yang kamu lakukan jangan berkedip sekali pun!!

    Kenapa?

    ya gadapapa sih cuma seru-seruan aja haha..

  • alfi muammar

    klo phobia sama cewe yg kaya raya, hidup serba mewah itu namanya apa ya ?
    cost aku mngalaminya :cry: :?:

    @alfi muammar
    Itu sih bukan phobia, Cuma Kurang PeDe.. ehem..

  • day alfath

    phobia darah itu ada nggak, apa namanya?? thnk’s :lol:

    Phobia pada darah ada juga kok.
    Ketakutan yang berlebihan ini namanya Hemophobia, biasanya disebabkan trauma pada masa kecil.

  • Anysa

    Kalo takut sama balon apa sihh? :?

  • efendi

    aku sih takut vampir’/vamphobia

    @Efendi

    ooo.. beneran tuh vamphobia takut vampir ya..
    kalau takut pocong berarti namanya congpo-bhia dong? lol

  • ANTY

    Takut terhadap hutan dan tempat2 sunyi, apa nama jenis phobia ini?

  • smile for you

    takut sama balon itu jenis/nama phobianya apa?
    terus cara mengatasinya bagaimana?
    thanks:)

  • LeuView

    Kalo ngeliat darah muncrat atau bercucuran di lantai, aq pasti langsung gugup, berkeringat dingin, mual, dan seharian bakalan kepikiran terus.
    Tp kalo ngeliat darah sendiri sih nggak kenapa2.
    Apa itu masih termasuk Hemophobia?

  • elicent

    Aku takut sm ulet,cacing,belatung,dll..gimana ya? :roll: namanya apa?

  • novita

    kalau takut terhadap pusarnya sendiri namanya apa..?

  • wulandia

    takut sama cacing,belatung,ulat dan sejenis nya itu namanya apa? :| :what: :roll:

  • ROOLY

    Kartu Kredit Bukopin adalah Kartu Kredit dengan berbagai Program Menarik & Variatif untuk kebutuhan Anda beserta Keluarga yang tidak membedakan Tingkat Bunga Transaksi Belanja maupun Penarikan Uang Tunai.

    Untuk keperluan belanja atau kebutuhan tunai, Anda dapat mengandalkan Kartu Kredit Bukopin VISA dan MASTERCARD, Kartu ini memberikan banyak kemudahan dan sekaligus keuntungan bagi Anda.

    Tingkat Bunga yang tidak membedakan transaksi belanja maupun tarik tunai Kartu Kredit Bukopin VISA dan MASTER memberikan suku bunga yang ringan dan kompetitif.
    eward program
    Setiap transaksi belanja dengan Kartu Kredit Bukopin akan mendapat poin reward yang bisa di tukar dengan hadiah menarik.

    Executive Lounge
    Bagi pemegang Kartu Kredit Bukopin Platinum, tersedia fasilitas Airport Lounge untuk menunggu penerbangan di bandara yang bekerjasama, sehingga menjadikan perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan.

    Pembayaran Melalui E-Banking & ATM Bersama.
    Pembayaran tagihan Kartu Kredit Bukopin dapat dilakukan melalui Internet Banking, seluruh ATM Bukopin, ATM CIMB Niaga, ATM BNI, ATM BII, ATM BTN dan semua ATM Bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama di seluruh Indonesia.

    Penarikan Tunai Via ATM.
    Nikmati bunga tarik tunai yang sama besarnya dengan bunga belanja. Biaya tarik tunai terendah hanya 2% atau minimal Rp.50 ribu (mana yang lebih besar).

    Bukopin One Payment.
    Fasilitas pembayaran rutin bulanan (berlaku untuk semua kartu) untuk Telkom, Speedy, PLN, Indovision, Palyja dan Aetra serta tagihan handphone pasca bayar (Tagihan pasca bayar dari operator : Telkomsel, XL, 3, Axis, Mobile-8, Esia), Top Up Pulsa (operator : Telkomsel, XL, Indosat, 3, Axis, Mobile-8 dan Esia).

    Purchase Protection Insurance.
    Secara otomatis seluruh barang yang dibeli dengan Kartu Kredit Bukopin Platinum dilindungi dari kerusakan atau kecurian dengan nilai perlindungan maksimal sebesar Rp.30 juta per barang. Perlindungan diberikan 30 hari sejak tanggal pembelian di wilayah Indonesia atau 40 hari untuk pembelian di luar negeri.

    Travel Accident Insurance.
    Pembelian tiket penerbangan dengan Kartu Kredit Bukopin, secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan, khusus untuk Kartu Kredit Bukopin Platinum perlindungan hingga Rp.4 miliar. Perlindungan diberikan sejak perjalanan ke bandara, selama di bandara, selama di pesawat dan turun dari pesawat hingga sampai di tempat tujuan.

    Travel Inconvenience Insurance.
    Sebagai pemegang Kartu Kredit Bukopin Platinum secara otomatis Anda mendapatkan perlindungan atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, keterlambatan bagasi.

    Cicilan 0%
    Manfaatkan fasilitas Cicilan Tanpa Bunga dari merchant-merchant pilihan Bank Bukopin.

    Call Center 24 Jam.
    Untuk informasi atau anda memerlukan bantuan segera, tersedia Layanan Call Center 24 Jam untuk Anda. Hubungi Halo Bukopin 14005, officer kami siap melayani Anda 24 Jam sehari, 7 hari seminggu.

    UNTUK PENGAJUAN AREA JATENG HUB CHAIRUL VIA SMS / TELP 085229348635.
    ALAMAT KANTOR JL BULUSTALAN 4 NO 418 SEMARANG.

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>