Memilih Web Hosting Jangan Asal-Asalan

Memilih-milih nama domain yang cocok bukan pekerjaan mudah, apalagi bila dana yang tersedia pas-pasan, Jika proses Peregestrasian sudah kita lewati, Apa lagi yang harus kita lakukan untuk meng online-kan dan mengenalkan web kita ke seluruh dunia? ya, jawabannya Adalah kita perlu menggunakan layanan web hosting, sehingga website kita dapat diakses melalui World Wide Web.

Dan kalau sudah menyangkut webhosting, Saya yakin semua Tahu, Ratusan atau malah Ribuan Penyedia Jasa web hosting ada di muka bumi ini hadir di sekeliling kita, Semua saling berlomba-lomba mengklaim dirinya sebagai “NO.1 WEB HOST“, atau memanjakan calon pelanggan dengan semboyan-semboyan “cheap Hosting” ,  “Recomended Web HOSTING” , “Trusted Web Hosting” , “Best Unix Web Hosting” , “99,9% Uptime hosting”. dan segudang promosi lainnya.. Sama kayak orang Jual ebook cepat kaya cara instant, atau orang jualan obat lah. Akibatnya apa? Yang pasti konsumen jadi bingung donk. Kalau semua bagus, mengapa Masih saja setiap hari ada saja yang mengeluh “web hosting si A scam” , “Hostingan down” , hosting ini suck- payah” dan seabrek makian/tumpahan kekesalan yang enggak mungkin di tuliskan satu persatu disini.

Kesimpulannya Adalah, Memilih Web hosting itu SANGAT-SANGAT krusial, salah pilih Pasti Fatal akibatnya, Okelah kalau web nya kita cuma sebagai diary online harian yang isinya curhat tentang tingkah laku pacar yang doyan ngelirik cewek seksi lain :mrgreen: , Tapi kalau website kita ini kita gunakan sebagai mata pencaharian untuk ngumpilin dolar? atau web ini sebagai media komunikasi buat bisnis dengan pelanggan kita? Wah, Jangan sampai lah kejadian kayak begitu. bisa rusak reputasi tuh. (Terlebih yang kerjaan nya paid review di sponsoredreview,blogvertise atau jualan link di linkworth, Di jamin Pasti kena tegur).

Saya sendiri ngalamin kejadian seperti diatas, karena itulah sejak saat itu saya enggak lagi bergantung dengan satu hostingan saja, sampai saat ini saya sudah punya akun di beberapa tempat, enggak perlu nyewa yang “vps hosting” bos, kalau web yang kita punya belum memiliki visitor tetap, kecuali memang dana unlimited dan script yg kita gunakan menggunakan resource tinggi, atau memang pingin punya akses root. kalau satu-dua domain doang cukup makai shared hosting.

Saya sendiri masih makai shared, tapi yang pasti semua hosting yg saya pakai ini, cukup cepat respon nya. (BACA:bukan respon waktu kita mau ngebeli jasa hosting dia ya), tapi respon saat kita mengalami kendala. fitur yang penting saat kita memilih hosting adalah uptime nya. jangan hari ini UP besok nya malah DOWN. Percuma aja murah tapi bikin mencr*t.

So, gimana dong menentukan dan memilih “web hosting yang bagus“?

Oke, Pertama Kita Harus Pastikan dulu kebutuhan kita, seperti yang saya bilang sebelumnya, jika cuma satu domain saja kita enggak perlu jor-joran membuang uang “menyewa hosting” yang bepuluh dollar/ratusan ribu per bulannya. Salah kaprah itu namanya. Beberapa faktor wajib yang perlu di pertimbangkan antar lain:

A. Web space

Web space adalah kapasitas yang ditawarkan, sama seperti hard disk di komputer, yang membedakan adalah web space yang diberikan terbatas, misalnya 100 mb, 1 gb, atau 30 gb, dan sebagai informasi, Sangat jarang sekali kejadian kita menggunakan space hingga berpuluh – puluh giga. kecuali hosting an nya dibikin tempat backup server(yang pastinya bakal bertentangan dengan TOS(Term Of service) di kebanyakan shared hosting). contoh nya,Coba deh kira-kira aja, seberapa besar ukuran sebuah cms script umum seperti Joomla,wordpress,phpbb,smf dan semacamnya? kan enggak sampai 1 gigaan tuh, + file gambar (yang normal) sebanyak 1000 lembar pun masih lebih banyak.

So sesuaikan dengan kebutuhan.

B. Bandwidth
Bandwidth juga sebagai hal penting yang harus di perhatikan; Untuk awalnya pertimbangkan aja 5-10 gb. itu cukup lah. Kalau nantinya enggak cukup, tinggal upgrade kan? Ketimbang mubazir ngebeli layanan/fitur yang tidak kita gunakan.

C.Support

support

Yuhuu.. Ini yang wajib banget. apalagi yang baru ngenal web hosting. Support yang baik selalu menghargai klien nya. Tidak pernah ada istilah mereka menjawab pertanyaan klien dengan kata-kata “RTFM” / (Read the Fuc*in Manual), Karena inilah salah satu nilai tambah bagi pemilik web hosting, Kenyamanan Klien. bahkan jika klien itu memang rewel. Saya ingatkan, Klien Punya Hak penuh untuk itu. jangan pernah takut untuk meminta bantuan.. Karena apa, karena kita adalah pelanggan mereka.. Tapi ingat, jangan meminta bantuan di hostingan yang lain yah.. kita enggak punya hak tuh :twisted: , Perhatikan baik-baik sarana yang tersedia, apakah ada support lewat PM,SMS, email atau bahkan live chat? jika semua tersedia itu artinya Mereka memang sungguh-sungguh dengan ucapan life time support.

Untuk Masalah support, beberapa kali saya singgung di postingan, Seperti postingan tentang “kualitas service hosting di indonesia” ini, ada Perbedaan mendasar yang paling mencolok adalah support yang offline. Mungkin ada yang mau nyanggah kalau mereka adalah manusia? BENAR.. Mereka (CS) adalah manusia, sama seperti saya-sama seperti anda. Namun itu bakal bertentangan donk dengan Pernyataan hostingan yang mengklaim 24 jam/7 hari support tersedia di halaman depan paket hosting di web mereka?? itupun kalau ada  :shy:

D. Lokasi Server

lokasi-server Sebenarnya Ini relatif, namun akan lebih bagus jika kita memilih lokasi server sesuai dengan target visitor yang kita incar.. Karena Secara logika Loading web Bakal lebih kencang. jika 80-90% visitor yang kita target adalah warga negara indonesia perimbankan memilih IIX server-ex:Lintasarta. (Btw, Saya ‘gak tau kenapa harga nya hosting IIX lebih mahal sekian ribu rupiah daripada USA server, Mungkin anda tahu?).

F. UPTIME

uptime

Pernah Ngeliat ada hostingan yang mengklaim 100%? atau 99,9% Uptime? Sebenarnya Hampir sangat sangat kecil kemungkinan nya Sebuah hostingan memiliki uptime dengan angka segitu, apalagi dengan biaya murah. Hostingan perlu di maintenance rutin. Trust me, Untuk menjamin mendapatkan angka 99,9%  saja kita harus mengeluarkan ratusan dolar. Ada rumus tersendiri yang sering salah kaprah diartikan dalam menentukan angka tersebut, but.. walau pun demikian, angka aman yang saya tahu adalah berkisar 99,0% – 99,6%  , kurang dari itu silahkan cabut cari hostingan lain.

E.Control panel

cpanel-dashboard

Dashboard kita nih, rata rata hampir semua hostingan menawarkan masih cPanel, karena user friendly, mudah dan nyaman, tampilannya simple dan gampang di mengerti. Gratis di shared hosting.

F.website backups

backup

Website backup Merupakan Hal fital lainnya. Web hosting  yg benar akan senantiasa setia berusaha melindungi konten web milik client-client nya dari segala hal-hal yang tidak di dinginkan, mereka bakal teratur melakukan backup. Sehingga Pelanggan bakal marasa aman. Siapa orang yang mau kehilangan data-data web? Itu mimpi buruk. Rata-rata jika backup tidak dilakukan otomatis setiap hari setidaknya ada backup mingguan yang di tawarkan.

Pengalaman Pribadi, ada salah satu hosting di indonesia, Harga yg di tawarkan cukup Ekonomis disamping fitur nya yang pas menurut saya, namun begitu saya tanyakan tentang backup, he said “NO BACKUP” , kalau mau backup sendiri aja..

:what:  ..blah.

Tambahan dari saya: Walaupun pihak hosting menawarkan backup, Namun klien juga harus melakukan backup sendiri di komputer pribadi ;)

G. Jumlah ADD ON/Subdomain

Add on  artinya adalah “Domain tambahan” .Jjika penyedia hosting memberikan total 2 addon domain, itu artinya di sana kita bisa menghostkan Total 3 Domain, (Rinciannya adalah- 1 domain utama + 2 ADD on), Sedang kan subdomain artinya adalah tambahan domain utama; Contoh domain utama adalah http:// ranyliq.com , sedangkan subdomain adalah http://info.ranyliq.com(Itu Hanya contoh).

Addon berguna sekali jika Kita memiliki 2/3 domain, sehingga enggak perlu membeli satu hosting untuk satu domain.

Oke Cukup Dulu penjelasan tentang hosting ini. Untuk memantapkan saya beridua hosting yang saya pakai,coba dan saya Rekomendasikan:

1. Hostgator

web-hosting-hostgator

Saya berani jamin kalau anda Enggak bakal kecewa dengan hostgator, Saat pertama mencoba ,saya nyoba-nyoba makai kode promo, eh, setelah nimbang-nimbang , kelebihannya, langsung  jatuh cinta sama layanan mereka. Apa yang saya butuhin ada disana, dari situsnya, tercatat sudah 2 jutaan web yang terhosting di hostgator)., Apalagi  hostgator membolehkan Adult content alias situs buat orang dewasa :twisted: . NAMUN Saya enggak menyarankan menggunakan hosting dari hostgator ini jika anda cuma Mempunyai satu domain. karena bakal percuma, soalnya fitur nya jor-joran bos ..wkwk..

Banyak promo code hostgator yang bersebaran bisa kita gunakan, diantara nya:

SNOWMAN (20% OFF) ,WORDPRESS ($0.01/ 1 cent di bulan pertama), Atau mau GRATIS?! (code: CACTUS)

Promo-gratis-hostgator
Gak ada salahnya buat Uji coba. Ayo Langsung aja check Daftar via ref link saya Dibawah:

2. Dracoola Multimedia

dracoola-host
Mengapa saya merekomendasikan dracoola? Hampir sama Seperti hostgator, Namun dracoola adalah “versi mininya”. Mereka menawarkan paket-paket ekonomis, harga hosting perbulannya mulai 10 ribu rupiah, Sesuai dengan kantong anak muda ;P . Namun untuk urusan fitur, dracoola boleh disamakan dengan hosting mahal yang lain. Mereka Menawarkan paket server USA dan Indonesia. Saya pribadi menggunakan Hostingan di dracoola sejak 4 bulan yang lalu, dan tadi malam saya ngambil hosting USA yang versi “dusk” .

DUSK-dracoola

Btw, Hati -hati kalau chat Sama CS nya, Soalnya Rata-rata Staff nya dracoola… EDAN+Kocak..  Hahaa..

Langsung aja Menuju Sarang Dracoola dibawah:

dracoola-logo

Page Protected by copyscape

17 comments to Memilih Web Hosting Jangan Asal-Asalan

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>