WordPress Tips:Waspadalah bila menggunakan otomatic ping

Seperti yang diketahui, Secara default wordpress telah memasukkan satu layanan Update service yang beralamat di http://rpc.pingomatic.com ,(kita bisa melihat ini pada bagian setting -> Writing pada admin menu)

Dari gambar diatas, dapat kita simpulkan sendiri fungsi dari otomatis ping ini adalah memberitahu para search engine kalau kita baru saja membuat/mengupdate artikel/postingan di blog kita.. lalu dimana masalahnya?

Gini..

http://rpc.pingomatic.com setahu saya sudah melakukan otomatic ping secara mass ke search engine terkenal seperti:

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

[link]

Nah sampai disini sih tidak ada yang salah, namun saya cuma mau mengingatkan, kalau beberapa waktu terakhir banyak layanan-layanan free pinger (yang konon katanya mampu melakukan ping hingga ke ratusan search engine) dan banyak teman-teman yang salah kaprah, maksud hati ingin secepat cepatnya postingan terindex oleh berbagai search engine lalu main asal meletakkan situs-situs itu dalam update service bersandingan dengan rpc.pingomatic.. Akibatnya bisa fatal bos.. setiap kita habis mengupdate blog, rpc.pingomatic akan melakukan ping ke search engine yang udah saya sebutin di atas, LALU situs pinger otomatis lainnya JUGA MELAKUKAN hal yang sama!!

Berulang-ulang nge ping bukannya makin bagus loh.. siapa sih yang enggak kesal kalau di bilang hal yang sama berulang-ulang?? kalau Didunia Online ini konsekuensi yang harus ditanggung adalah blog kita bakal di black list – karena bakal di anggap sebagai spamming blog..

Solusi

Tenang, bukan berarti menggunakan rpc.pingomatic adalah harga mati.. Kita tetap bisa menambahkan situs buat di masukkan dalam daftar update service.. Tapi tentu saja mesti hati-hati tidak meletakkan layanan yang melakukan ping ke situs yang sama danĀ  jika menggunakan ping manual melalui online web usahakan janagn terlalu sering – seminggu 2-3 kali sih Still fine)

6 comments to WordPress Tips:Waspadalah bila menggunakan otomatic ping

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>